Star Wars dan Konvergensi Media

Buku berjudul Convergence Culture: Where Old Media and New media Collide yang ditulis oleh Henry Jenkins ini berisi tentang konvergensi media. Pada Bab ke 4 berisikan tentang Quentin Tarantino’s Star Wars? Grassroots Creativity Meets the Media Industry. Membahas tentang film Star Wars yang merupakan produk dari konvergensi media.

Konvergensi media merupakan penggabungan sifat-sifat tekonologi komunikasi konvensional yang bersifat massif dengan tekonologi konputer yang bersifat interaktif. Konvergensi menyebabkan perubahan radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi, dan pemrosesan seluruh bentuk informasi baik visual, audio, data dan sebagainya. Kunci dari konvergensi adalah digitalisasi, karena seluruh bentuk informasi maupun data diubah dari format analog menjadi format digital. Karena informasi yang dikirimkan berupa format digital, konvergensi mengarah pada penciptaan produk-produk yang aplikatif yang mampu melakukan funsi audiovisual sekaligus komputasi.

Star Wars menyajikannya dengan menggabungkan teknik komputerisasi dengan proses visualisasi, audio, teks dan juga datanya, dan terciptalah bentuk visualisasi 3 dimensi (3D). Integrasi konten media ini kemudian membuat semacam genre baru yaitu new media. New media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan tekonologi informasi dan komunikasi. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai new media adalah digital contohnya adalah internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Perkembangan inilah yang menyebabkan adanya convergence culture.

Film Star Wars menggunakan banyak teknologi terkemuka dalam proses pembuatannya. Gambar yang dihasilkan bukanlah sembarang gambar animasi. Kerapatan gambar yang baik menjadi daya tarik dari film ini. Efek-efek dari gambar yang ditimbulkan menarik minat penonton. Sedangkan dari audionya, Star Wars lebih kepada soundtrack-soundtracknya.

Konvergensi media yang terjadi antara media film layar lebar Star Wars dengan media lainnya sangatlah efektif. Dengan adanya media internet, Star Wars dapat mempublikasikan filmnya secara berbeda. Maksudnya berbeda adalah, dengan website resmi, para penggemar Star Wars dapat mengunduh gambar-gambar, soundtrack-soundtracknya bahkan mengetahui dengan pasti ide cerita dan pemainnya. Dengan media website resmi, pihak Star Wars dapat mengumpulkan feedback dari penggemar tentang film ini. Website resmi juga dapat menampung langsung saran-saran dan kritik dari penggemar.

Namun tidak hanya sampai situ saja, konvergensi media dapat menyatukan berjuta-juta penggemar film ini. Contohnya adalah komunitas pecinta Star Wars. Mereka membentuk komunitas yang penghuninya tidak hanya berada di satu wilayah kota saja. Ada yang dari berbagai kota bahkan negara. Dalam komunitas tersebut, para penggemar dapat saling bertukar informasi tentang pengetahuan mereka terhadap film ini.

Dengan kesuksesan Star Wars, banyak perusahaan game yang membuat game tentang film ini. Hal ini dapat menguntungkan berbagai pihak. Mulai dari pihak star wars, pihak perusahaan game, dan juga konsumennya. Dari pihak star wars mendapatkan pemasukan sampingan atas lisensi yang dibeli oleh perusahaan game. Sedangkan perusahaan game mendapatkan keuntungan dari pembelian game oleh konsumen. Konsumen mendapatkan game yang sangat menarik dan dapat dijadikan koleksi. Film Star Wars ini hanyalah sebuah contoh dari konvergensi media. Masih banyak film-film lainnya yang juga termasuk film yang sukses berkat new media.

Konvergensi media sekarang sangat menguntungkan banyak pihak. Karena dengan adanya konvergensi media, berarti teknologi semakin berkembang. Teknologi yang sangat digandrungi sekarang adalah adanya internet. Orang-orang banyak bergantung pada internet. Dengan adanya internet, kita dapat mencari informasi tanpa ahrus bersusah-susah payah mencarinya di koran atau di majalah atau di tempat lain. Hanya dengan sekali mengklik, muncullah banyak informasi yang kita cari.

Dengan adanya internet, sekarang banyak orang yang dapat memasukan berita ke website-website terntentu ataupun ke blog pribadi. Maka dari itu sekarang informasi tidak hanya dapat dilihat dari satu pihak saja. masyarakat sekarang sangatlah pintar, tidak hanya mendengarkan berita dari tv namun juga dari internet. Karena internet lebih cepat menyebarkan berita dibandingkan siaran tv.

Dengan kemajuan zaman, sekarang banyak yang menciptakan alat untuk berbagai kemudahan kita mencari informasi salah satunya adalah televisi yang dibuat untuk berinternet. Jadi dalam tv ini, kita bisa berinternet walaupun tanpa komputer. TV tersebut hanyalah sebuah media, namun internetnya tetaplah sebuah konvergensi media.

Jadi menurut saya, konvergensi media saat ini sangatlah diperlukan sekali. New media membuat kita menjadi gampang dalam mencari informasi yang kita butuhkan. Konvergensi media juga membuat banyak perusahaan menjadi maju karena menggunakan teknologi ini. New media tidak dapat dihindarkan lagi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply