7 Fakta Unik Tentang Pancake

Hai 🙂 post saya hari ini membahas tentang Pancake. siapa yang tidak tahu Pancake? semua orang pasti tahu Pancake kan? bagi yang tidak tahu saya kasih tahu ya. Pancake itu sejenis kue tipis dan pipih yang dimasak di wajan datar anti lengket. biasanya dimakan dengan potongan buah, sirup, selai atau bahkan daging sekalipun. berikut ini tentang Pancake yang saya dapat dari beberapa artikel.

Pancake Day atau Hari Kue Dadar hanya dikenal di negara Eropa, Asia dan sekitarnya tidak begitu mengenal Pancake Day ini. Di Kanada, Inggris, Irlandia dan Australia, Pancake biasanya dimakan pada saat Shrove Tuesday yang biasa dikenal sebagai Hari Pancake dan sebagian Irlandia dipanggil Pancake Tuesday. Shrove Tuesday lebih banyak dipakai di Amerika, Prancis dan negara lainnya menamainya Mardi Gras atau Fat Tuesday.

Acara amal dan acara sekolah pun diselenggarakan pada Pancake Day. Di perlombaan tersebut peserta berlari sambil melempar pancake dari wajan dan mencoba untuk menangkapnya. Asal muasal pancake day ini berawal dari sebuah kota di Inggris bernama Olney pada tahun 1444/ 1445. Pada saat itu seorang ibu yang sedang sibuk membuat pancake mendengar lonceng dari Gereja untuk beribadah. Namun pada saat keluar rumah dan sudah sampai di Gereja ternyata ia masih membawa wajan lengkap dengan pancake dan celemeknya.

Tanggal Shorve Tuesday setiap tahunnya berbeda karena bergantung pada perayaan paskah dan pergerakan bulan. Tahun 2011 ini, pancake day jatuh pada tanggal 8 Maret.

Pancake atau kue dadar adalah kue tradisional yang tipis dan pipih yang terbuat dari mentega, terigu dan susu yang dimasak di wajan anti lengket. Pancake adalah sejenis roti namun teksturnya tidak seperti roti, pancake lebih lembut dibandingkan roti. Beberapa menggunakan ragi sebagai pengembang atau fermentasi. Kebanyakan pancake dimasak hanya pada satu sisinya saja (tidak dibalik). Namun tergantung dari negaranya, pancake bisa disajikan kapan saja dari sarapan pagi, makan siang hingga makan malam dengan berbagai topping termasuk selai, buah, cokelat bijian atau sirup maupun daging.

Mari kita lihat pancake di berbagai negara, di wilayah Eropa Utara misalnya, French Crepes sangat popular di Prancis, Kanada dan Brazil. Crepes bentuknya lebih tipis dibandingkan dengan Pancake. Crepes tersebut biasa dihidangkan dengan topping/ filling manis bahkan asin sampai ke seafood (cumi, udang, kerang, dll), di Brazil biasanya mereka lebih suka menggunakan daging giling. Di Jerman, pancake dinamai Pfankuchen. Di Berlin, Brandenburg, Saxonia dinamakan Girkuchen. Di Belanda dinamai Pannenkoeken dan dimakan pada saat makan malam.

Di Inggris, Pancakenya hampis sama dengan French Crepes dan Italian Crespelle namun dalam peyajiaanya tidak disusun. Sedangkan di Amerika Utara atau Kanada, biasanya dinamai Hotcakes, Griddlecakes atau Flapjacks). Biasanya dihidangkan dengan buah atau malah memasukannya ke dalam adonan pancakenya. Di Asia juga mengenal pancake, di India dinamakan Pooda namun biasa dipanggil Cheela. Di Indonesia yaitu Serabi yang terbuat dari tepung beras dan santan. Di Korea dinamakan Jeon, Pajeon, Bindaetteok, Kimchijeon dan Hotteok. Sedangkan di Jepang dinamakan Otonomiyaki, dihidangkan dengan seafood. Di Malysia dan Singapore disebut Min Chian Kuih. Di Eropa Tengah dan Timur contohnya di Austria, Republik Ceko dan Slovakia menamakannya Palatschinke. Di Hungaria dinamakan Palacsinta.

Setelah melihat sedikit perkembangan pancake di berbagai negara, berikut ini 7 hal seru yang perlu diketahui tentang pancake:

1. Robot Pembalik Pancake

Tahun 2010 dua penemu dari Italian Institute of Technology, Petar Kormushev dan Sylvian Calinon, menemukan robot berbentuk lengan untuk membalikan pancake. Robot tersebut yang dibuat oleh Barret Technology, dipamerkan dengan menggunakan pancake palsu untuk sensornya.

2. Pingu’s Pancake

Video yang paling banyak ditonton melalui YouTube adalah Pingu’s Pancake yang diperankan oleh tokoh kartun pinguin bernama Pingu dan keluarganya yang sedang membuat pancake. Sampai artikel ini ditulis, sudah sekitar 7 juta orang yang menonton.

3. Manc Cake

Pancake terbesar di dunia yang pernah dicatat dalam rekor adalah berdiameter 49 kaki 3 inci dan beratnya sekitar 2,95 ton. Ini dibuat di Rochdale dekat Manchester.

4. Asal muasal perlombaan pancake

Rekor pertama yang diciptakanadalah di Olney, Buckinghamshire pada tahun 1445. Ceritanya ada seorang ibu yang tidak menyelesaikan pancakenya pada saat bel Gereja berdentang. Agar pancake tersebut tidak hancur, ia berlari ke Gereja dengan wajan di tangannya. Ia berlari sejauh kurang lebih 380m.

5. Kelinci pancake

Seorang Fotografer dari Jepang bernama Hinori Akutagawa membuat sebuah foto dengan objek kelincinya sendiri yang mebuat kelinci tersebut terkenal pada tahun 1999. Ia membuat foto Oolong si kelinci dengan pancake diatas kepalanya dengan nama “The Pancake Bunny” dengan penjelasannya “aku tidak tahu apa yang kau bicarakan… ini, kelinci dengan pancake diatas kepalanya”.

6. Flexpicker

Flexpicker yang dikembangkan oleh ABB Robotics adalah alat penyusun pancake yang dapat menyusun pancake sebanyak 400 buah permenit. Alat ini dikembangkan untuk kebersihan dan mengurangi tenaga kerja.

7. Festy Cock

Salah satu alternatif dalam merayakan pancake day adalah dengan membuat adonan oatmeal dan membentuknya seperti burung dan dipanggang dan memakannya.

kenapa saya bahas tentang pancake? karena ternyata tanggal 8 Maret kemarin adalah hari Pancake. dan menurut saya Pancake sudah diketahui luas oleh seluruh orang di dunia ini. pancakes bisa menjadi inspirasi dan Pancakes bisa jadi makanan ringan hingga berat. dan hampir semua orang menyukainya. lalu, tunggu apalagi, buatlah sebuah pancake dan nikmatilah bersama berjuta-kuta orang di dunia yang menyukai pancake.

cheers. 🙂

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

One Response to “7 Fakta Unik Tentang Pancake”

  1. janegrace says:

    Tugas TM ke 2, link artikel :
    http://www.wired.co.uk/news/archive/2011-03/08/seven-facts-about-pancakes

    http://en.wikipedia.org/wiki/Pancake

Leave a Reply