Search Engine

“Given their popularity search engines are important brokers on information, and knowing more about how they represent content and how they are used is vital to understanding pattrens of information access in a digital age.”

Mengapa banyak orang sangat mengandalkan search engine? Dan kenapa search engine adalah hal yang sangat penting sekali? Menurut saya karena di zaman yang serba mudah dan kemajuan tekonologi yang juga mendukung membuat orang-orang makin menbutuhkan yang instant. Mereka membutuhkan informasi yang cepat diakses ketimbang harus meneliti atau mencari buku di perpustakaan. Mungkin bagi mereka menghabiskan waktu di perpustakaan hanya untuk mencari sebuah informasi adalah menghabiskan waktu.

Search engines atau mesin pencari adalah laman yang paling banyak di akses oleh pengguna internet. Bagaimana tidak, search engines memberikan begitu banyak informasi yang dapat kita temukan hanya dengan memasukan key word atau kata kunci. Mulai dari berita terkini, ilmu pengetahuan, dunia hiburan sejarah sampai mencari orang pun dapat dilakukan di search engines ini. Search engine juga tidak mengenal wilayah negara, semua berita dari berbagai negara dapat masuk dalam data base informasi. Jadi memudahkan pengguna untuk dapat mengetahui informasi dari negara lain. Walaupun ada kelemahannya, tidak semua search engine tersebut dapat mengakses informasi secara real time.

Namun apakah kita pernah memikirkan tentang keabsahan dari informasi-informasi yang dimunculkan di google.com. ada sebuah penelitan yang mengungkapkan bahwa para pengakses search engines, percaya dengan informasi yang ada di search engine yang bersangkutan. Mereka hanya akan menbandingkan antar info yang ada lalu digunakan. Para pengguna tidak lagi mementingkan itu karena mereka sudah terbentuk pemikiran bahwa segala informasi yang masuk di search engines adalah informasi yang sudah di sortir sebelumnya. Dan ada juga penelitian yang menunjukan bahwa pengguna internet tidak terlalu peduli dengan asal usul dari search engine. Dalam paper ini saya akan meberikan sedikit informasi tentang search engine. Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian. Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri. manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil “terbaik” lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metodenya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.

Seperti yang kita ketahui, search engine yang paling populer saat ini adalah Google.com. google.com dipercaya lebih efektif dibandingkan dengan search engines lainnya seperti msn.com, yahoo.com, bing.com atau lainnya. Itu dikarenakan google.com yang terus melakukan inovasi terbaru bagi penggunanya. Seperti adanya translate bahasa, pencarian gambar, Gmail dan juga yang paling membuat orang lebih memilih google adalah google dapat diakses dengan berbagai bahasa tidak hanya bahasa Inggris. Jadi orang dari belahan dunia manapun dapat menggunakan google.com meskipun ia tidak bisa berbahasa inggris.

Kesimpulan yang saya dapat adalah bahwa mesin pencari ini adalah suatu hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan bagi para pengguna. Para pengguna sangat merasakan kemudahan dan keuntungan dari search engine ini yaitu irit waktu, jarak/tempat, dllnya. Namun kekurangannya yaitu keabsahan dari informasi. Dan juga search engine kurang bisa memilah mana web yang benar-benar menyediakan data mana yang hanya untuk menyebarkan virus (apabila web tersebut dibuka makan virus akan langsung masuk ke dalam komputer kita).

Saya menganjurkan untuk para pengguna search engine untuk berhati-hati dan memilah-milah mana informasi yang benar mana yang kurang. Tidak semua informasi yang ada dalam page pertama itu bisa kita gunakan sepenuhnya, memang search engine pasti akan memasukan informasi yang paling banyak di unduh pengguna, namun ada baiknya kita membandingkan terlebih dahulu beberapa informasi yang ada agar kita juga bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak lagi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply